Thursday, July 18, 2013

Tayang Durasi 4,5 Jam, BAGAIMANA PERFORMA Sinetron Tukang Bubur Naik Haji?

PECINTA sinetron tentu menyadari RCTI kerap menayangkan sinetron berating tinggi dengan durasi panjang.
Dua tahun lalu ketika memuncaki rating, Putri Yang Ditukar (PYD) kerap tayang selama tiga jam setiap harinya. Alih-alih bosan, TVR dan share PYD kian naik dengan durasi layaknya film Bollywood, dan bertahan 676 episode.

Tahun lalu, strategi serupa diterapkan pada Binar Bening Berlian (BBB). Durasinya malah lebih panjang, sekali tayang mencapai empat jam. Berbeda dengan PYD, performa BBB justru turun dengan durasi overdosis. Alhasil, BBB berakhir di episode 143.

Kini strategi serupa diterapkan pada Tukang Bubur Naik Haji: The Series (TBNH). Sejak Jumat, 12 Juli kemarin, TBNH diplot tayang 4,5 jam setiap harinya (kecuali Sabtu dan Minggu, 13-14 Juli, karena ada live pertandingan bola—red). Bagaimana performanya?

Tetap di puncak.

Hari Jumat (12/7), TBNH menempati peringkat 1 dengan TVR 5 dan share 21,8. Sementara Senin (15/7), TBNH masih jadi jawara dengan TVR 5,7 dan share 23,3.

Tentu tidak mudah membuat tayangan berdurasi 4,5 jam, untuk tayang harian. Penulis, sutradara, dan pemain, tentu harus bekerja ekstra keras untuk memenuhi durasi. Cukup beresiko memang, karena RCTI saat ini hanya mengandalkan satu judul sinetron di primetime. Sinetron Berkah sudah ditamatkan di hari kedua Ramadhan, sementara Cinta Illahi yang sempat mengisi slot 18.00-19.45 WIB, tiba-tiba dihentikan dan belum jelas kelanjutannya.

Pecinta TBNH tentu enjoy saja sinetron favoritnya tayang panjang. Ditinggal berbuka puasa atau shalat Tarawih pun masih bisa nonton. Namun bagi penggemar sinetron Cinta Illahi, tentu kecewa dan bingung sinetron favoritnya tidak tayang.

Sebenarnya rating Cinta Illahi tidak terlalu buruk, masih 15 besar. Namun ketika tayang pukul 18.00 WIB, Cinta Illahi tertinggal cukup jauh dari Para Pencari Tuhan jilid 7 (PPT 7, SCTV). Begitu TBNH tayang mulai 18.00 WIB, rerun PPT7 pun harus rela menjadi acara nomor dua di jam tayangnya. The power of TBNH memang belum tertandingi.

(ray/yb)
Source : Tabloid Bintang

http://www.tabloidbintang.com/film-tv-musik/ulasan/70357-tayang-durasi-4,5-jam,-bagaimana-performa-tukang-bubur-naik-haji.html

1 comment: